Sukses

16 Wisata Alam Semarang yang Wajib Dikunjungi, Cocok Sebagai Pelepas Penat

Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata alam.

Liputan6.com, Jakarta Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata alam. Saat libur panjang, akhir pekan, dan long weekend, semuanya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Dengan suasana yang sejuk dan menenangkan, wisata alam Semarang cocok sebagai destinasi pelepas penat. 

Semarang merupakan pusat berbagai macam pabrik perindustrian di Jawa Tengah. Tak heran Kota Semarang sering dijuluki sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Namun dengan hiruk pikuk kotanya yang tiada henti, Semarang memiliki wisata alam yang terkenal indah dan memesona. Wisata alam Semarang meliputi wisata gunung, dataran tinggi, danau, wisata edukasi bertema alam, air terjun, hingga pantai. Lokasinya tersebar di kota maupun kabupaten Semarang. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai wisata alam Semarang yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Semarang

1. Rawa Pening

Rawa pening adalah salah satu wisata alam Semarang yang merupakan sebuah danau luas. Dengan luas yang mencapai 2.670 hektar, danau ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata. Panorama pegunungan dan airnya yang bening membuat Rawa Pening menjadi semakin indah dan sayang untuk dilewatkan.

Di Rawa Pening ini, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Bahkan, kamu juga bisa memancing di sini karena danau ini memiliki beragam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Dengan pemandangan yang sangat indah, tentunya berfoto adalah salah satu hal yang wajib dilakukan di wisata alam Semarang ini.

2. Wana Wisata Penggaron

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Wana Wisata Penggaron. Wana Wisata Penggaron adalah hutan lebat alami dengan udara segar yang terletak di Desa Susukan, Ungaran. Kamu akan disuguhkan kehidupan hutan dengan banyaknya hewan liar, terutama burung dari beragam spesies.

Banyak orang yang sengaja menginap dengan mendirikan tenda di Wana Wisata Penggaron ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru seperti treking, latihan SAR dan pramuka, serta off road. Wana Wisata Penggaron sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari pekerjaan dengan menghirup udara sejuk alami di hutan.

3. Umbul Sidomukti

Wisata alam Semarang yang wajib dikunjungi salah satunya adalah Umbul Sidomukti. Kolam renang alami ini membuat kamu akan merasakan berenang pada ketinggian 1.200 mdpl karena terletak di lereng Gunung Ungaran. Umbul sidomukti memberikan kesejukan sebagai wisata alam Semarang di atas pegunungan.

Di Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yang bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa. Karena berasal dari mata air alami, air dari salah satu wisata alam Semarang ini sangat jernih dan tentunya sangat dingin. Kamu bisa juga sekalian menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian sembari berenang dan menghirup udara sejuk lereng pegunungan.

Selain itu, sudah banyak fasilitas lainnya yang disediakan di Umbul Sidomukti ini. Berbagai permainan seperti seperti flying fox, rappelling, atau highest triangle, berkuda, ATV, dan berbagai hal menarik lainnya bisa kamu lakukan saat mengunjungi salah satu wisata alam Semarang ini.

4. Gunung Telomoyo

Bagi pecinta gunung, Telomoyo adalah wisata alam Semarang yang paling direkomendasikan. Keindahan gunung selalu menyuguhkan tempat wisata alam yang menarik untuk dinikmati. Selain rute perjalanan yang mengasyikkan, ketika sudah sampai ke lokasi kamu juga akan merasa puas dengan pemandangan yang ada. Salah satunya di puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa mencapai puncaknya dengan sepeda motor dan mobil hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit dari pintu pos.

Tidak perlu takut, jalannya sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Di puncak terdapat stasiun pemancar, antena dan juga tower yang masih beroperasi hingga saat ini. Tapi ingat, sebelum kamu berjalan menuju puncak Telomoyo pastikan dulu bensin kamu jangan sampai kehabisan karena akan sulit menemukan penjual bensin eceran di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Telomoyo ini.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Semarang

5. Bukit Gombel

Selain gunung, Semarang juga memiliki wisata hits dataran tinggi. Bukit yang terletak di Ngesrep, Banyumanik ini unik, sebab tidak ada yang pernah tahu mengenai asal-usul nama 'Gombel' itu sendiri. Namun ketika kamu berkunjung ke bukit ini di malam hari, kamu bisa melihat pemandangan lampu kota yang sangat indah dan tentunya juga menjadi momen suasana romantis.

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan wisata budaya, sekaligus wisata alam Semarang karena menawarkan panorama indah. Candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga memiliki pemandangan yang indah. Tak sedikit pecinta foto yang mengabadikan panorama matahari terbit dari Candi Gedong Sonong. Keunikan memotret matahari terbit dari Candi Gedong Songo adalah terdapat gugusan awan, gunung-gunung di Jawa Tengah, dan matahari terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

7. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur merupakan salah satu wisata alam Semarang yang sangat populer. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian 150 meter. Lokasinya terletak di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati 900 tangga. Oleh karena itu, kamu tentunya harus menyiapkan stamina agar bisa bersenang-senang saat sampai di lokasi air terjun. Masih banyak orang yang belum tahu tentang Air Terjun Kali Pancur ini.

8. Air Terjun Semirang

Wisata air terjun ini terletak cukup tersembunyi di tengah hutan. Hal ini membuat Air Terjun Semirang menjadi wisata alam Semarang yang menyejukkan. Kamu bisa mencapai ke wisata Air Terjun Semirang ini dengan mudah, tetapi membutuhkan stamina yang fit karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan yang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki sampai lokasi air terjun. Tapi tidak perlu cemas, kamu akan puas dan lelahmu akan segera terobati setelah melihat indahnya air terjun yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat ini.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Semarang

9. Curug Lawe

Selain Air Terjun Kali Pancur, ada lagi wisata alam Semarang yang merupakan air mancur ialah Curug Lawe. Berbeda dengan Air Terjun Kali Pancur yang masih jarang diketahui, Curug Lawe lebih populer karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang. Pesona air terjunnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Curug Lawe sangat tepat dijadikan sebagai tempat bersantai, apalagi pada pagi hari. Masih sama dengan Air Terjun Kali Pancur, kamu harus melewati perjalanan yang cukup panjang dengan jalan berbatu tanah hingga jembatan kayu untuk sampai ke air terjun satu ini. Oleh karena itu, siapkan staminamu.

10. Pantai Marina

Wisata alam Semarang lainnya ialah Pantai Marina. Pantai Marina sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, jet ski, hingga taman bermain untuk anak-anak sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Salah satu pantai di utara Pulau Jawa ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso.

Salah satu wisata alam Semarang ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan alami. Walaupun berlokasi di dekat kota, namun suasana di Pantai Marina ini tetap sejuk karena banyak pohon-pohon rindang di sekitar pantai.

Kamu juga bisa menikmati matahari tenggelam dan hembusan angin pantai yang sangat menyegarkan. Apalagi, dengan lokasi salah satu wisata alam Semarang ini yang dekat kota, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menyegarkan otak saat bekerja.

11. Mangrove EduPark Pantai Maron

Tak hanya pantai berpasir, Semarang memiliki hutan mangrove yang cocok untuk menjadi wisata kamu bersama keluarga. Bisa jadi spot foto yang keren dan tentunya Instagramable. Kamu bisa berjalan di jembatan bambu yang sudah disediakan, bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata yang satu ini. Selain menjadi tempat wisata, memang mangrove ini berfungsi mencegah abrasi.

12. Brown Canyon

Kamu sering mendengar wisata indah Grand Canyon yang terletak di Amerika? Sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh menuju Amerika, pasalnya Indonesia juga memiliki wisata alam yang tidak kalah indah dan hitsnya dengan Grand Canyon di Amerika. Sebuah bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang, bekas penambangan di Semarang menjadikan bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya membuat tempat ini dijuluki Brown Canyon.

Tidak sedikit pula pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata, ditambah berbagai fotografer yang sengaja datang untuk mengambil foto keindahan alam buatan Semarang Brown Canyon ini sebagai referensi destinasi wisata alam Semarang. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Semarang

13. Brown Canyon

Kamu sering mendengar wisata indah Grand Canyon yang terletak di Amerika? Sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh menuju Amerika, pasalnya Indonesia juga memiliki wisata alam yang tidak kalah indah dan hitsnya dengan Grand Canyon di Amerika. Sebuah bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang, bekas penambangan di Semarang menjadikan bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya membuat tempat ini dijuluki Brown Canyon.

Tidak sedikit pula pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata, ditambah berbagai fotografer yang sengaja datang untuk mengambil foto keindahan alam buatan Semarang Brown Canyon ini sebagai referensi destinasi wisata alam Semarang. 

14. Cimory on The Valley 

Cimory on The Valley merupakan wisata edukasi bertema alam. Wisata satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya jika ada anak kecil. Sembari melepas penat, kamu bisa mengenalkan edukasi tentang alam dan hewan kepada anak-anak. Wahana edukasi itu meliputi menunggang kuda, memerah susu sapi, dan memberi makanan ternak.  Ada pula beragam spot foto Instagramable di Cimory on The Valley, yakni ikon dari sejumlah negara di dunia. Lokasinya cukup strategis tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

15. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Nah, kali ini buat kamu yang suka dengan buah lezat dan identik dengan baunya yang sangat khas, apalagi kalau bukan durian. Kamu jangan ragu berkunjung di Kebun Durian yang terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati ini.  Edukasi wisata alam Semarang ini menyuguhkan berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya.

16. Watu Gunung

Obyek wisata ini berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Watu Gunung merupakan obyek wisata yang mengusung konsep wisata alam, pegunungan, dan budaya. Pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk selama berada di Watu Gunung. Selain itu,  terdapat sungai, pepohonan asri,  danau buatan, dan gaezobe yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.