Sukses

TV Analog Adalah Jenis Sistem Penyiaran, Kenali Perbedaannya dengan TV Digital

TV analaog adalah salah satu sistem penyiaran televisi, yang bisa dipancarkan menggunakan sinyal radio dalam video dan audio.

Liputan6.com, Jakarta TV analog adalah bentuk penyiaran televisi yang dipancarkan menggunakan sinyal, yang pada dasarnya mirip dengan sinyal radio, di mana hadir dalam bentuk video yang disiarkan memiliki format AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam bentuk FM. Dalam penerapannya, transmisi jenis ini mudah terganggu karena cuaca, kondisi geografis, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, besarnya bandwidth yang ditetapkan untuk saluran TV analog membuat resolusi dan kualitas gambar menjadi terbatas.

Tv analog adalah salah satu sistem penyiaran yang ditransmisikan menggunakan sinyal. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, gangguan yang terjadi pada TV analog membuat masyarakat mulai beralih menggunakan layanan TV digital. Transisi ini tidak hanya mempengaruhi TV analog, tetapi juga VCR dan perekam DVD pra-2009 yang memiliki tuner built-in yang dirancang untuk menerima program melalui antena over-the-air.

Sebelum masyarakat beralih menggunakan TV digital, awalnya televisi analog adalah teknologi televisi asli yang menggunakan sinyal analog untuk mengirimkan video dan audio. Namun TV analog memiliki kecerahan, warna dan suara yang diwakili oleh amplitudo, sehingga fase dan frekuensinya memungkinkan televisi terestrial dan televisi satelit dapat didistribusikan melalui jaringan kabel. 

Berikut ini pengertian dan perbedaan TV analog dengan TV digital yang Liputan6.com rangkum dari berbagsi sumber, Rabu (2/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal TV Analog

TV analog adalah salah satu teknologi penyiaran televisi asli, yang masih menggunakan sistem sinyal analog dalam mengirimkan video dan audio. Dalam siaran televisi analog, baik itu secara tingkat kecerahan, warna dan suara akan diwakili oleh amplitudo, fase dan frekuensi sinyal analog. Sinyal analog sendiri bervariasi terhadap rentang nilai yang memungkinkan terjadi beberapa gangguan. Ketika menggunakan tv analog, maka sinyal yang dimiliki cukup lemah dan selalu mengalami gangguan.

Sebaliknya dari tv analog, televisi digital (DTV) memiliki kualitas gambar yang baik, bahkan sinyal tetap baik sampai pada ambang batas di mana penerimaan tidak lagi memungkinkan atau terputus-putus. Televisi analog yang mungkin menggunakan nirkabel (televisi terestrial dan televisi satelit) dapat didistribusikan melalui jaringan kabel sebagai televisi kabel. Hal ini membuat semua sistem siaran televisi, akan menggunakan sinyal analog sebelum kedatangan DTV.

Termotivasi oleh persyaratan bandwidth yang lebih rendah dari sinyal digital terkompresi, dimulai pada tahun 2000-an, transisi televisi digital sedang berlangsung di sebagian besar negara di dunia, dengan tenggat waktu yang berbeda untuk penghentian siaran analog. Siaran TV Analog bisa menerima dan menampilkan sinyal siaran TV yang ditransmisikan dengan cara yang sama yang digunakan untuk transmisi radio AM/FM. Di mana video akan ditransmisikan dalam bentuk AM, sementara audio dalam bentuk FM.

Transmisi TV analog dapat mengalami gangguan, seperti ghosting dan salju, tergantung pada jarak dan lokasi geografis TV yang menerima sinyal. Sehingga sering Anda jumpai, beberapa siaran analog yang sangat terbatas dalam hal resolusi video dan rentang warna. Siaran TV analog berdaya penuh secara resmi berakhir pada 12 Juni 2009, yang mungkin saja terjadi karena kasus daya rendah, sehingga siaran TV analog masih bisa tersedia di beberapa komunitas. Dengan transisi dari siaran TV analog ke digital, maka sebagai konsumen harus membeli TV baru atau menerapkan solusi untuk terus menggunakan TV analog. 

 

3 dari 6 halaman

Cara Menghubungkan TV Analog ke Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka TV analog mulai berganti menjadi TV Digital. Oleh karena itu, tersedia beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, saat menghubungkan TV Analog ke Digital. Berikut caranya:

1. Saat Anda menerima program TV melalui antena, tersedia kotak konverter DTV eksternal yang memungkinkan penggunaan TV lama. Oleh karena itu, dengan menempatkan kotak konverter DTV antara antena dan TV akan mengubah sinyal DTV/HDTV yang masuk menjadi sinyal yang kompatibel dengan TV analog apa pun.

2. Anda tidak akan mendapatkan peningkatan resolusi DTV atau HDTV, dan semua program layar lebar akan muncul sebagai kotak surat (bilah hitam di bagian atas dan bawah gambar) pada perangkat analog Anda.

3. Jika Anda berlangganan layanan kabel atau satelit, dan kotak menyediakan output RF analog dengan mendukung layanan sinyal analog, maka Anda bisa mengakses pemrograman. Namun, jika Anda telah menerima kabel dasar tanpa kotak menggunakan TV analog "siap-kabel", maka banyak layanan yang tidak lagi menyediakan output sinyal TV analog melalui opsi koneksi ini.

4. Bahkan jika TV analog lama Anda "siap kabel", maka kemungkinan Anda diarahkan untuk menyewa kotak dari penyedia yang akan menyembunyikan sinyal kabel digital kembali ke analog.

5. Hubungi layanan kabel atau penyedia satelit untuk lebih jelasnya. Jika TV analog juga menyertakan, selain koneksi antena/kabel, satu set input AV gaya RCA (merah, putih, dan kuning), yang bisa menghubungkan kotak konverter DTV eksternal atau kotak kabel/satelit yang memiliki opsi koneksi itu.

6. Transisi DTV juga mempengaruhi VCR dan perekam DVD (perekam DVD yang dibuat sebelum 2009) yang mungkin memiliki tuner built-in untuk menerima program melalui antena over-the-air serta perekam DVD yang tidak menyertakan tuner built-in.

7. Anda harus menghubungkan VCR atau perekam DVD ke kotak konverter DTV eksternal atau kotak kabel/satelit untuk menerima program TV untuk tujuan perekaman.

8. Sambungkan beberapa streamer media ke TV analog yang memiliki satu set input AV, asalkan streamer media memiliki satu set output AV analog, sehingga memungkinkan akses ke layanan Anda ke streaming seperti Netflix, Vudu, dan Hulu di TV analog yang lama.

4 dari 6 halaman

Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Televisi digital atau sering disingkat DTV adalah televisi yang menerima transmisi informasi berupa data. Seperti data di komputer yang ditransfer ke CD, DVD, atau disk Blu-Ray. Adapun sinyal digital terdiri dari 1 dan 0, yang artinya antara on atau off. Tidak seperti transmisi TV analog, tidak ada sinyal yang hilang meskipun jarak transmisi lebih jauh. Namun, jika jarak antara pemancar dan TV digital terlalu jauh, sinyal akan sulit ditangkap.

Selain itu, tidak seperti TV analog, desain TV digital cukup komprehensif. Karena mempertimbangkan semua faktor utama sinyal. Mulai dari hitam putih, warna, audio, dan teks. Sementara itu, video dapat ditransmisikan sebagai sinyal interlaced (garis dipindai dalam bidang alternatif) atau progresif (garis dipindai secara berurutan.

Setelah mengetahui pengertian dan teknologi yang digunakan oleh masing-masing jenis televisi, maka tentu ada perbedaan yang signifikan antara TV digital dan TV analog. Berikut ini perbedaan antara TV Digital dan TV Analog adalah:

- TV digital memiliki kualitas audio dan gambar yang lebih komprehensif, sedangkan Analog mudah mengalami gangguan.

- TV digital yang dapat mendukung beberapa pilihan bahasa, namun TV analog tidak menyediakannya.

- Siaran di TV digital dapat menambahkan subtitle digital TB yang mendukung satu atau lebih saluran sekunder selain saluran utama. 

5 dari 6 halaman

Daftar Siaran TV Digital

Setelah siaran TV analog resmi dihapus oleh pemerintah melalui beberapa tahap, maka TV digital sekarang memiliki kurang lebih 40 daftar siaran. Berikut ini beberapa daftar siaran TV Digital yang perlu diketahui adalah:

1. TVRI Nasional

2. TVRI Jakarta

3. TVRI World

4. TVRI Sport HD

5. Muhammadiyah TV (TVMUI)

6. Smile TV

7. TVRI Jawa Barat

8. Berita Satu

9. Berita Satu World

10. Berita Satu English

11. Echannel

12. RCTI

13. MNC TV

14. GTV

15. iNews

16. RTV

17. Inspira TV

18. Badar TV

19. Nusantara TV (NTV)

20. DAAI TV

21. Kompas

 

6 dari 6 halaman

Daftar Siaran TV Digital

1. Eshinta TV

2. Net TV

3. CNN Indonesia

4. Trans 7

5. CNBC Indonesia

6. Metro TV

7. Magna Channel

8. BN TV

9. BBS TV

10. UG TV

11. JPM TV

12. TVONE

13. SPORTONE

14. JAKTV

15. ANTV

16. BETAWI TV

17. JP TV

18. SCTV

19. INDOSIAR

20. OCHANEL TV

21. Mentari TV

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.